Tehnik dasar permainan sepakbola merupakan pondasi dari teknis permainan sepakbola yang dimengerti, dikuasai serta direalisir diatas lapangan permainan, dikerjakan secara sederhana dan dikembangkan secara pribadi hal ini akan menjadi dasar kerjasama antar regu yang lebih kompak.
Urutan penekanan dalam permainan sepakbola adalah pemantapan dan penguasaan keterampilan teknik bermain sepakbola. Keterampilan secara umum diartikan sebagai kemampuan melakukan sesuatu dengan mantap,tepat guna dan efektif, yang diperoleh dari hasil pengetahuan dan latihan atau proses belajar.
“Keterampilan atau skill adalah tindakan yang memerlukan aktivitas gerak dan harus dipelajari agar mendapatkan bentuk yang benar…..selain itu keterampilan juga merupakan indikator dari kualitas (performance) seseorang (yanuar Kiram, 1992:11)”.
Untuk dapat pengertian apa itu “keterampilan” maka perlu lebih dahulu diketahui apa yang dimaksud dengan belajar. Seseorang pemain yang berlatih, berarti ia belajar tentang gerakan-gerakan permainan yang dilatihkan kepadanya. Seorang pemain sepakbola yang berlatih, misalnya melatih menggiring bola, berarti ia sedang menggiring bola. Belajar adalah usaha atau kegiatan dari setiap orang yang dapat menghasilkan perubahan tingkah laku, Dikatakan :
Seseorang telah belajar apabila ia dapat melakukan sesuatu yang tak dapat dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya berubah, kelakukan diambil dalam arti luas dan melingkup pengamatan pengenalan, pembuatan, keterampilan, perasaan, terjemahan Nasution, 1982 : 60).
Dari tinjauan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan belajar terjadi perubahan tingkah laku, perubahan ini bisa berupa pengetahuan, kecakapan, sikap dan kebiasaan, keterampilan, pengertian, penyesuaian diri maupun segala sesuatu mengenai aspek organisme pribadi diri yang bersangkutan. Jadi seseorang yang telah belajar pada hakekatnya ia telah berubah, tidak sama lagi dengan keadaan dirinya sebelum belajar. Ia tidak sanggup memecahkan masalah atau kesulitan yang dihadapinya, atau mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru
Keterampilan dalam bermain sepakbola adalah suatu bentuk keterampilan yang didasarkan pada teknik bermain sepakbola dengan baik. Karena untuk mencapai suatu prestasi bermain yang baik harus didukung oleh adanya keterampilan teknik dasar bermain sepakbola. Daya tarik pertandingan sepakbola terletak pada segi penguasaan teknik yang ditampilkan kedua kesebelasan yang bertanding. Sebagai mana yang dikemukakan oleh Wiel Coerver yang artinya sebagai berikut :
Meskipun tidak ada cabang olahraga yang demikian kompleks seperti sepakbola, sehingga untuk dapat bermain menarik kebutuhan penguasaan bermacam-macam teknik…..sehingga kemampuan para pemain yang terbatas disegi teknik ikut memainkan peranan. Hal ini menyebabkan pertandingan tidak nampak menarik. )Wiel Coerver,terjemahan oleh kadir jusuf 1985 : 137).

Yang termasuk teknik dasar dalam permainan sepakbola antara lain menendang bola, menggiring bola, mengontrol bola dan lain-lain. Namun pada dasarnya untuk dapat meningkatkan keterampilan tersebut maka diperlukan latihan-latihan yang teratur dan sistematis melalui bentuk-bentuk latihan yang relevan dengan teknik keterampilan yang dilatihkan.
Olahraga dan politik pada saat ini sulit dipisahkan, intervensi pemerintahan dalam olahraga lebih diutamakan pada tujuan pemeliharaan ketertiban, meningkatkan kesegeran jasmani, mempromosikan prestise, membentuk rasa solidaritas sosial didalam kelompok. Olahraga sering digunakan untuk alat pengumpul massa, salah satunya olahraga sepakbola.
Dari berbagai metode yang diterapkan sehingga diharapkan mampu mengangkat prestasi olahraga khususnya sepakbola. Dengan acuan seperti ini nilai politik dalam perkembangan olahraga sepakbola sangat besar fungsinya untuk melihat dalam jangka panjang apakah sepakbola di negara ini mampu untuk berprestasi pada kanca Internasional. Dengan ini perlu pengkajian-pengkajian secara ilmiah dari metode yang telah dikemukakan diatas, sehingga nilai politik sangat besar peranannya dalam perkembangan olahraga sepakbola.